4 Places To Visit In Makassar

It's been a years since i came to my father hometown, Makassar. From Jakarta (Soekarno Hatta International Airport) i took a flight to Ujung pandang (Sultan Hasanuddin International Airport), which spent 2 hours 15 minute. I was spent 5 days in Ujung pandang, walked around the city and found many things which i called "Best Places" in Makassar. So, based on my experiences, i will tell all of you about the best places that i found and visited in Makassar. I hope all the things that i write in here will give you a little bit info and prices if you come to Makassar. 

1. Losari Beach (Free)

Losari Beach terletak dibarat kota Makassar Sulawesi Selatan, tempat yang menjadi ikon dari kota Makassar sendiri dimana banyak masyarakat Makassar menghabiskan waktu santainya ditempat ini meski hanya sekedar duduk minum kopi, melihat matahari terbenam ataupun beribadah di masjid terapung tepat disebelah tulisan PANTAI LOSARI ini. Bila kalian berkunjung ke Makassar sempatkan lah bertandang ke Pantai ini selain menampilkan pemandangan matahari terbenam dan terbit yang sungguh membuat mata takjub, kalian juga bisa berjalan- jalan sekitar tempat ini dan berwisata makanan seperti pisang epe yang dijajakan penjual sekitar pantai ini.




2. Akkarena Beach

Pantai Akkarena terletak tak jauh dari Pantai Losari, tepatnya di pesisir Tanjung Bunga. Bila pantai Losari menampilkan pemandangan matahari terbenam maupun terbit yang sangat indah, Pantai Akkarena pun tak kalah bagus dengan Pantai Losari. Pantai Akkarena mempunyai pasir hitam yang membentang luas yang menghiasi sepanjang pantai dengan dermaga sepanjang 150 m yang merupakan tempat berlabuhnya kapal- kapal makassar. Meski jarang terdengar atau bisa dibilang Pantai Akkarena kalah jauh pamornya dengan Pantai Losari namun, tidak ada salahnya bila kalian bertandang ke Makassar menyempatkan diri ke Pantai ini. Pemandangan sekitar pun tidak kalah jauh dengan Pantai Losari yang terletak dibarat kota Makassar. Perbedaan yang mungkin mencolok bila kalian bertandang ke tempat ini dari pada Pantai Losari adalah keadaan tempaynya yang tidak terlalu ramai, mungkin karna kalah pamor dengan Pantai Losari namun Pantai ini adalah salah satu destinasi menarik bila kalian menyukai Pantai dengan pasir hitam yang sunyi, by the way i almost forget to tell you, ticket to entrance Akkarena Beach is about Rp 4.000,-/per-person.






3. Bantimurung National Park (Rp 20.000,-/per-person)

Taman Nasional Bantimurung terletak dikota Maros, 140 KM dari kota Makkasar. Ditempat ini kalian akan disuguhkan pemandangan air terjun serta tebing- tebing gua yang mengelilingi taman nasional ini. Dahulu seperti yang dikatakan oleh sepupu saya, tempat ini sangat banyak dengan kupu- kupu namun seiring berjalannya waktu entah kenapa kupu- kupu yang semula bertempat tinggal di taman ini menghilang sehingga saat saya bertandang kesana kupu- kupu yang menghiasi taman ini berterbangan kesana- kemari hanya sedikit mungkin hanya sekitar 10- 20 kupu- kupu yang bisa saya lihat, sedihnya bila bertandanga kesini kalian akan dijajakan dengan kios- kios yang menjual panjangan kupu- kupu yang sudah diawetkan entah kupu- kupu itu diburu atau memang yang sudah termakan usia dan mati ditaman itu yang diawetkan, mungkin hanya tuhan yang tahu bagaimana penjual kios ini mendapatkan kupu- kupunya. Sekali lagi dapat dikatakan Makassar menampilkan destinasi terbaik yang patut dikunjungi, taman ini tidak hanya menampilkan keindahan alam namun juga hawa disekitarnya yang masih terjaga asri oleh masyarakat sekitar meski kupu- kupunya hanya tinggal sedikit namun apa salahnya ketempat ini, you wouldn't regret it! trust me.







4. Samalona Island

Here the last destination, jeng jeng jeng that is Samalona Island! Pulau Samalona, merupakan salah satu pulau yang berada di sekitar selat Makassar, lokasi pulau kecil ini tepatnya dibarat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Transportasi untuk menuju pantai ini bisa bisa dengan menyewa perahu motor dari dermaga Makkasar yang terletak persis depan Benteng Fort Rotterdam. Harga untuk penyewaan perahu motornya tergantung bagaiman anda dapat dengan bijak menawar pemilik perahunya, waktu itu saya dikenakan Rp 200.000,- untuk satu perahu yang mengantarkan saya dari dermaga ke Pulau ini lebih baik bila anda share cost atau gabung dengan yang lain bila ingin menyewa perahu karna harga nya bisa lebih murah dari pada hanya menyewa sendiri. Lama perjalanan dari dermaga ke pulau memakan waktu sekitar 30 menit, meski perjalanan dapat dikatakan lumayan lama namun anda pasti tidak akan bosan karna disuguhi dengan hamparan lautan biru untuk dapat kepulau ini. Pulau Samalona mempunyai hamparan pasir putih yang membentang luas menghiasi pantai ini begitupun dengan air lautnya yang begitu jernih, saking begitu jernihnya kita dapat melihat keindahan terumbu karang dari atas perahu. Pantai ini juga menyediakan aktivitas diving dan snorkeling jika kalian mau. 










Finally, itulah keempat tempat indah yang saya kunjungi saat bertandang ke Makassar sebenarnya masih ada 3 tempat menakjubkan lagi yang kalian harus kunjungi saat bertandang ke kota ini yaitu, Malino, Tanjung Bira, serta Taman Laut Takabonerate! sayangnya waktu itu saya belum mengunjungi tempat ketiga tempat diatas, padahal ketiga tempat itu adalah surga yang ditawarkan Makassar bagi penikmat alam seperti saya. Mungkin lain kali saat saya kembali kekota Bahari ini, saya akan memposting perjalanan saya, soon! *insyallah, Guten Abend all.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

How To Apply Japan Tourist Visa For Indonesian

Berburu Tiket Murah?